Ternyata Travelers Punya Perbedaan Dalam Melakukan Travelling!

pesawat-domestik-international

Di dunia ini, banyak orang yang suka melakukan perjalanan wisata, baik itu sendiri, Group, couple travelling. Namun, tahukah Anda kalo ada beberapa tipe orang yang suka travelling, mempunyai perbedaan?

Kali ini PrimaTour akan membahas tipe traveller, dan perbedaannya. Check it out ya!

Free Traveller

wisatawan

Free Traveller adalah orang yang melakukan perjalanan, hanya sebatas rekreasi saja, kepentingan bisnis, atau keperluan tertentu. Mereka tidak merencanakan perjalan yang mereka lakukan, sedetail, dan harus cermat, atau sangat ingin melancong ke daerah tertentu. Pada umunya mereka hanya melakukan perjalanan untuk bersenang-senang saja, tanpa memiliki passion yang lebih untuk merasakan keragaman budaya, atau keindahan daerah.

Contohnya, saat seseorang penat dengan aktivitas kampus, atau pekerjaan di kantor. Saat weekend, mereka akan melakukan refreshing ke pantai, menghirup udara segar di gunung, atau mengajak keluarga ke kebun binatang.

Backpacker

backpackers1

Backpacker adalah orang yang suka jalan-jalan, dengan mau merencanakan trip, survei lokasi (lewat Googling, tanya temen/forum) untuk mengunjungi suatu tempat wisata/daerah, dengan menggunakan biaya yang minimal. Bawaannya pun dimaksimalkan di ransel, yang mudah dibawa kemana-mana. Maka dari itu disebut backpacker (ransel punggung).

Backpacker juga harus pintar bersosialisasi dan beradaptasi dengan lingkungan sekitar, dengan daerah dan adat sekitar. Bahkan itu bisa dibilang wajib. Jadi pada intinya para backpacker merupakan seorang pejuang yang tangguh, pintar dalam menentukan budget, dapat bersosialisasi dan beradaptasi dengan baik, serta pintar menentukan rencana perjalanannya dengan baik.
Solo Traveler

muslimah-traveling

Solo traveler ga mesti harus melakukan perjalanan seorang diri. Ada kalanya berdua, bertiga. Solo traveler adalah orang yang suka melakukan trip, journey, dengan biaya yang lebih “lega”. Mereka suka berjalan-jalan, tapi tidak terlalu memikirkan penghematan biaya sekecil mungkin. Bisa saja mereka menginap di hotel, tidak perlu susah payah menginap di stasiun, ataupun menyewa seorang guide untuk memandu wisata mereka, di daerah tertentu. Jadi, perbedaan utama dari backpacker dan solo traveler adalah antara low-cost trip sama relief-cost trip (perjalanan dengan budget yang lebih lega).
Tourist
xparis-tourist-line-jpg-pagespeed-ic-y_h-i_8ni
Tourist adalah penggemar jalan-jalan yang tidak mau repot mengurus tetek bengek perjalanannya, lebih banyak menyerahkan semuanya kepada Biro Perjalanan dengan konsekuensi harus terikat jadwal dan agenda tour yang sudah sesuai dengan rencana perjalanan. Jika Anda suka melakukan traveling, tipe manapun Anda, jangan lupa ya untuk melakukan tips sederhana berikut :
  • Usahakan selalu berkomunikasi dengan warga sekitar, untuk bertanya lokasi atau menjalin persaudaraan.
  • Selalu hormati budaya dan adat istiadat daerah yang dikunjungi.
  • Jangan terlihat seperti “orang hilang”.
  • Dokumentasikan perjalanan Anda, melalui foto. “foto dapat berbicara”.
Jadi, sudah tahu kan, perbedaannya? hanya dibedakan oleh budget, tujuan, dan passion saat melakukan travelling.
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*